PEDOMAN SECURITY & PRIVACY POLICY PT UNIVERSAL BROKER INDONESIA
PT Universal Broker Indonesia berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan dari informasi pribadi anda dan juga menyediakan kepada anda transaksi elektronik yang aman dan nyaman. Laman kami menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang terbukti aman. Produk yang aman termasuk routers, firewalls, intrusion detection system and secure operating system untuk melindungi kepentingan anda.
Semua koneksi harus melalui minimal satu router dan satu firewall untuk dapat mengakses server. Firewall akan memeriksa lokasi alamat yang sesuai dan membatasi akses dari pihak yang tidak berwenang ke server.
Fitur-fitur keamanan tambahan termasuk Verisign digital certificates, 128-bit encryption, satu arah untuk menafsirkan semua kata sandi dari pengguna dan secara otomatis logoff setelah jangka waktu tertentu.
PT Universal Broker Indonesia Online Trading ( EZYDEAL ) secara berkala ditelaah and diperiksa oleh ekternal dan internal auditor untuk memastikan keamanan transaksi anda.
Selain dari langkah-langkah pengamanan yang telah disediakan oleh PT Universal Broker Indonesia, anda mempunyai peranan yang penting untuk memastikan keamanan transaksi elektronik dan informasi rekening anda tidak terganggu.
Anda diharuskan untuk mengikuti saran-saran dibawah ini untuk menjaga keamanan dari system yang anda miliki:
a. Jangan memberitahukan user ID dan kata sandi anda ke orang lain.
b. Jangan menampilkan informasi rekening anda dalam cara yang dapat dilihat oleh orang lain dan komputer pribadi anda tidak boleh ditinggalkan tanpa pengawasan.
c. Selalu menggunakan browser yang direkomendasikan. Semua browser and aplikasi perangkat lunak wajib ditingkatkan kapasitasnya untuk mendukung SSL 128-bit encryption.
d. Selalu melakukan pemeriksaan bahwa alamat laman kami berubah dari http://to https:// dan adanya icon pengaman, biasanya terlihat dalam bentuk gembok atau kunci, yang terlihat ketika otentikasi and encryption terjadi.
KEBIJAKAN KERAHASIAAN
Di PT Universal Broker Indonesia, kami menghormati hak setiap individu atas kerahasiaan. Hubungan kami dengan anda adalah asset yang yang sangat berharga dan ini adalah landasan utama dari nama dan reputasi kami. Apakah anda nasabah dari PT Universal Broker Indonesia, pengguna yang terdaftar atau pengunjung ke halaman umum dari laman kami, kami memahami pentingnya menjaga keamanan dan kerahasiaan dari informasi pribadi atau rekening anda yang telah anda berikan. Kami merujuk dan memperlakukan informasi ini sebagai “informasi pribadi”. Kami memberikan kebijakan kerahasiaan ini bagi anda.
KEBIJAKAN KEAMANAN di PT Universal Broker Indonesia
1. Kami tidak akan menjual informasi pribadi ke siapapun.
2. Kami hanya akan menyampaikan informasi pribadi kepada pihak lain sebagaimana tercantum dalam kebijakan ini, hanya jika kami telah menyampaikan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu atau memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari anda. Kami berhak untuk memberitahukan atau memberikan laporan mengenai informasi pribadi dalam kondisi yang terbatas, dimana kami mempercayai adanya itikad baik bahwa keterbukaan diwajibkan sesuai undang-undang, memenuhi permintaan badan pengawas atau pengatur atau penegak hukum, untuk memeriksa kredit, untuk mengumpulkan atau mendapatkan laporan utang yang dimiliki, untuk menjaga hak atau kepemilikan atau berdasarkan permintaan yang logis dimana anda melakukan investasi.
3. Kapanpun kami memperoleh informasi pribadi dari anda, kami akan mengacu kebijakan ini atau jika tidak kami menjelaskan kepada anda bagaimana kami menggunakan informasi tersebut. Kami akan menggunakan informasi tersebut dengan cara yang sesuai dengan tujuannya sesuai dengan maksud permintaan kami. Contohnya, kami akan menggunakan informasi untuk menindaklanjuti permintaan dan transaksi, untuk memberikan tambahan informasi mengenai produk dan layanan jasa atau mengevaluasi kebutuhan keuangan anda. Terkait hal tersebut, kami akan menyampaikan informasi pribadi kepada agen atau pihak yang terafiliasi. Kami akan membatasi pengumpulan dan menggunakan informasi pribadi tersebut sesuai kebutuhan dari bisnis kami dan memberikan layanan jasa terbaik kepada anda. Termasuk dalam hal ini adalah memberikan informasi kepada anda mengenai produk-produk dan layanan jasa yang disediakan oleh kami, pihak yang terafiliasi dengan kami, dan informasi lainnya yang menurut kami dibutuhkan oleh anda. Untuk memberikan layanan yang lebih baik, kami menggabungkan informasi yang telah anda berikan kepada kami melalui website kami atau sarana lainnya.
4. Kami akan menjaga kerahasiaan dari informasi pribadi anda, yang anda sampaikan kepada kami. Dalam hal kami memberikan informasi pribadi anda kepada agen atau pihak yang terafiliasi dengan kami, kami akan menjaga informasi pribadi tersebut dengan sangat rahasia sebagaimana tercantum dalam perjanjian kami. Perusahaan yang bekerja sama dengan kami wajib menyediakan layanan jasa atau bertindak sesuai dengan standar kerahasiaan yang kami tetapkan.
5. Kebijakan yang berlaku di PT Universal Broker Indonesia yaitu bahwa setiap karyawan yang mempunyai akses ke informasi rahasia dari nasabah tidak diizinkan untuk menggunakan atau memberikan informasi rahasia tersebut kecuali untuk kepentingan dari perusahaan. Semua karyawan diwajibkan untuk menjaga informasi rahasia sebagaimana tercantum dalam perjanjian kerahasiaan yang ditandatangani antara karyawan dengan PT Universal Broker Indonesia. Terdapat kemungkinan kami membantu perusahaan yang tidak terafiliasi dengan PT Universal Broker Indonesia dalam menyediakan produk atau layanan kepada anda
6. Dalam setiap hal, informasi pribadi anda dijaga dengan perjanjian kerahasiaan yang sangat ketat. Kami tidak mengizinkan setiap pihak yang tidak terafiliasi untuk menyimpan informasi pribadi anda dalam jangka waktu melebihi kebutuhan untuk mereka dalam menyediakan produk, layanan jasa atau informasi kepada anda kecuali anda telah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan hal tersebut.
7. Pada saat anda mendaftar fasilitas PT Universal Broker Indonesia Online Trading ( EZYDEAL), kami meminta anda untuk memberikan kepada kami data pribadi tertentu yang anda miliki. Informasi tersebut dibutuhkan agar kami dapat menyediakan layanan pribadi secara khusus kepada anda. Kami juga akan menggunakan informasi tersebut untuk kepentingan layanan jasa kami, untuk mengevaluasi kebutuhan-kebutuhan dari pengguna jasa kami, meningkatkan layanan jasa dan untuk memberikan laporan atas penggunaan transaksi melalui internet. Sebagaimana umumnya laman, kami menggunakan sebagian kecil dari data yang disebut “Cookies” yang disimpan dalam computer pengguna untuk mensimulasikan hubungan yang berkesinambungan. “Cookies” ini memungkinkan kami untuk “mengingat” informasi mengenai pilihan anda dan karenanya memungkinkan anda untuk beraktifitas menggunakan layanan jasa kami tanpa anda perlu mengenalkan diri anda. Pada saat kami memperoleh informasi dari anda, informasi ini akan disimpan dalam tempat penyimpanan yang aman dan sangat rahasia. Sebagai contoh, apabila anda menyampaikan alamat email ke PT Universal Broker Indonesia, anda akan memperoleh informasi terkini mengenai Kebijakan Kerahasiaan, promosi, produk dan layanan jasa. Kami tidak akan menggunakan alamat email anda untuk tujuan lain selain untuk menyampaikan informasi yang anda butuhkan.
LAYANAN NASABAH
Jika anda mempunyai pertanyaan, masalah, keluhan atau perselisihan terkait dengan atau yang timbul karena penggunaan Transaksi Elektronik PT Universal Broker Indonesia, anda dapat menghubungi kami di (021) 2506658. Kami melayani anda dari jam 8.30 am sampai 17:30 pm (Senin –Jumat, kecuali hari libur nasional Indonesia).
Kami akan memberikan saran mengenai tindakan yang secepatnya dapat anda lakukan dan/atau tindakan yang akan kami lakukan. Anda juga dapat mengirim email kepada kami ke cs@universalbroker.co.id dan kami akan menjawab email anda secepatnya setelah kami menerima pemberitahuan dari anda selama jam kerja berlangsung atau pada hari kerja berikutnya apabila hari kerja berikutnya bukan hari Sabtu, Minggu atau hari libur nasional dimana kami akan menjawab email anda pada hari kerja berikutnya.
PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Kami berkomitmen untuk menyediakan layanan yang berkualitas. Kami segera menyelesaikan setiap klaim atau sengketa dari anda yang mungkin timbul karena penggunaan Layanan Transaksi Elektronik PT Universal Broker Indonesia. Tanpa menguranghi hak dari masing-masing pihak untuk segera mengambil langkah-langkah perbaikan sebelum mengajukan sengketa ke Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia atau hak-hak dari para pihak untuk mendapatkan ganti rugi, kami segera melakukan investigasi setiap klaim/sengketa dan menyelesaikan perselisihan tersebut dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja setelah kami memperoleh pemberitahuan. Secepatnya, kami akan menghubungi anda untuk mendapatkan penyelesaian secara cepat dan damai terkait hal tersebut, yang menguntungkan kedua belah pihak.
KETIDAKTERSEDIAAN SARANA TRANSAKSI ELEKTRONIK
Apabila layanan transaksi elektronik PT Universal Broker Indonesia tidak tersedia, anda tetap dapat melakukan transaksi melalui agen pemasaran (DEALER) kami lewat telephone di 021-2506501.
PENGAMANAN AKSES TRANSAKSI MELALUI
Di PT Universal Broker Indonesia, kami telah menerapkan langkahlangkah pengaman atas informasi rekening anda. Namun demikian, untuk memastikan sistem pengaman transaksi elektronik dan informasi rekening anda tidak bertentangan, kami menyarankan anda untuk menerapkan pedoman sistem pengamanan Transaksi Elektronik PT Universal Broker Indonesia sebagai berikut:
1. Sebelum memasukan User ID dan PIN anda, anda harus selalu memastikan bahwa aplikasi yang anda kunjungi adalah milik PT Universal Broker Indonesia. Langkah pencegahan ini akan memastikan bahwa anda tidak mengungkapkan nomor rekening Transaksi
2. Untuk memastikan bahwa anda menggunakan tingkat tertinggi dari sistem pengamanan yang tersedia, semua browser dan aplikasi perangkat lunak harus ditingkatkan untuk mendukung SSL 128-bit encryption atau standar pengaman yang lebih tinggi dengan menggunakan sistem pengaman terkini.
3. Penting bagi anda untuk mengamankan diri anda dari setiap bentuk pencurian secara elektronik ke dalam Kode Akses/User ID/User Name dan PIN/kata sandi. Setiap Kode Akses/User ID/Username dan PIN/kata sandi yang sah dapat mengidentifikasi keunikan anda sebagai salah satu nasabah kami. Hanya pengguna yang mempunyai kewenangan yang dapat mengakses laman Internet Trading kami.
Saran-saran penting mengenai bagaimana anda dapat menjaga dan mengamankan informasi rekening anda.
1. Kata sandi minimal harus terdiri dari 8 karakter dan harus dalam bentuk alfanumerik. Untuk tambahan pengamanan, kata sandi anda tidak boleh menggunakan karakter yang berulang.
2. Kata sandi harus disimpan secara rahasia dan tidak boleh diungkapkan ke orang lain.
3. Kata sandi harus dapat diingat dan tidak dicatat disembarang tempat.
4. Kata sandi harus diubah secara periodic
5. Kata sandi yang sama tidak boleh digunakan untuk laman yang berbeda, aplikasi atau layanan elektronik, khususnya apabila laman atau aplikasi tersebut disediakan oleh perusahaan yang berbeda.
6. Jangan menggunakan pilihan browser untuk menyimpan user name dan kata sandi.
7. Periksa keaslian laman dari perusahaan dengan membandingkan URL dan memeriksa nama perusahaan di sertifikat elektronik atau dengan memeriksa indicator yang disediakan oleh sertifikat pengesahan.
8. Periksa perubahan alamat laman website dari http://to htpps:// dan tombol pengaman yang terlihat seperti gembok atau kunci ketika keaslian dan enkripsi terjadi.
9. Periksa rekening dan transaksi anda secara berkala dan laporkan jika ada ketidaksesuaian.
10. Pasang perangkat lunak anti-virus, anti-spyware dan firewall di komputer anda, khususnya ketika anda terhubung melalui koneksi broadband, jaringan digital atau modem kabel.
11. Lakukan pengkinian produk anti-virus dan firewall dengan patch pengaman atau versi terbaru secara berkala.
12. Hapus file dan printer yang digunakan bersama di komputer anda, khususnya ketika akses internet anda menggunakan modem kabel, jaringan broadband dan sambungan lain yang setara.
13. Lakukan backup secara berkala untuk data yang penting.
14. Gunakan teknologi enkripsi untuk melindungi data dengan sensitifitas yang tinggi.
15. Hentikan sesi online dan matikan komputer anda ketika tidak digunakan.
16. Jangan memasang perangkat lunak dan menjalankan program yang tidak diketahui keasliannya.
17. Hapus email yang tidak berguna dan berantai.
18. Jangan membuka lampiran email dari pengirim yang tidak dikenal.
19. Jangan memberitahukan informasi pribadi, keuangan atau kartu kredit ke laman yang tidak dikenal.
20. Jangan menggunakan komputer atau peralatan komputer yang tidak dapat dipercayai keasliannya.
21. Jangan menggunakan komputer yang dapat digunakan oleh siapapun (umum) atau yang tersedia di kafe untuk menjalankan transaksi keuangan secara elektronik.
22. Anda disarankan untuk tidak memberikan akses Transaksi Elektronik dengan menggunak “ ” atau “rooted” peralatan yang bergerak (contoh operating system dari telephone yang telah diubah) karena hal ini kemungkinan dapat menimbulkan risiko yang berbahaya.
23. Apabila anda mengetahui adanya transaksi yang tidak lazim/dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang, ubah kata sandi anda dan segera beritahukan kepada kami. Penting bagi anda untuk menghubungi Hotline Customer Service di (021) 2506658.
Penggunaan anda atas Transaksi Elektronik PT Universal Broker Indonesia wajib tunduk pada Syarat-syarat dan Ketentuan yang berlaku dari waktu-waktu yang tersedia di laman kami (www.universalbroker.com). Karenanya, anda wajib membaca dengan seksama dan mematuhi saran-saran pengamanan. PT Universal Broker Indonesia tidak bertanggungjawab atas setiap kerugian atau kerusakan terkait dengan penggunaan PT Universal Broker Indonesia Online Trading kecuali kerugian tersebut terjadi karena tindakan kealpaan atau kesengajaan.
Sebagai pengguna PT Universal Broker Indonesia Online Trading, anda memiliki hak untuk :
(1) menunda akses Transaksi Elektronik segera setelah anda menduga terjadi aktifitas yang tidak lazim/adanya akses oleh pihak yang tidak berwenang,
(2) menghentikan layanan ini,
(3) meminta kata sandi EZYDEAL Online Trading yang baru
(4) mendapatkan informasi dari PT Universal Broker Indonesia terkait transaksi elektronik anda.
MEMAHAMI KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB ANDA
1. Penggunaan anda atas PT Universal Broker Indonesia Internet Trading diatur berdasarkan Syarat-syarat dan Ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam laman kami. Penting bagi anda untuk memahami kewajiban dan tanggung jawab anda sebelum menggunakan aplikasi online trading PT Universal Broker Indonesia
2. Sebagai pengguna layanan aplikasi online trading PT Universal Broker Indonesia , anda wajib:
a. Mematuhi standar dan prosedur yang ditentukan oleh PT Universal Broker Indonesia dari waktu ke waktu.
b. Bertanggung jawab atas semua tindakan pencegahan; dan
c. Memantau dengan sangat hati-hati atas setiap tindakan pengamanan ketika anda mengakses rekening elektronik anda atau melakukan transaksi elektronik.
3. Berdasarkan Syarat-syarat dan Ketentuanketentuan, anda wajib bertanggungjawab atas semua instruksi yang dibuat melalui User ID dan kata sandi anda, apakah penggunaan itu dilakukan oleh pihak yang anda berikan wewenang atau tidak. PT Universal Broker Indonesia tidak bertanggungjawab atas semua tindakan berkaitan dengan instruksi-instruksi tersebut dan juga tidak mempunyai kewajiban untuk melakukan pemeriksaaan atas keabsahan dari setiap instruksi tersebut.
4. Anda mengerti bahwa PT Universal Broker Indonesia tidak bertanggung jawab kepada anda atas hal-hal sebagai berikut:
a. Kegagalan nasabah dalam memenuhi syaratsyarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.
b. Kegagalan nasabah dalam memenuhi langkah-langkah pengaman yang telah disarankan sebagaimana dimaksud dalam “Safeguarding your Internet Trading Access” yang terdapat di home page kami.
c. Kegagalan nasabah dari PT Universal Broker Indonesia dalam menjalankan instruksi nasabah yang merupakan akibat diluar kendali PT Universal Broker Indonesia. Termasuk, satu dan lain hal, setiap mesin, peralatan, sistem atau perangkat lunak yang tidak dapat beroperasi, kegagalan untuk bertindak yang disebabkan oleh pihak ketiga dan setiap tindakan, kelalaian, penundaan dari agen atau pihak ketiga.
d. Apabila kerugian atau kerusakan sebagai akibat langsung dari pelanggaran sistem pengaman PT Universal Broker Indonesia, kelalaian, kegagalan yang disengaja atau penipuan, PT Universal Broker Indonesia hanya bertanggung jawab terhadap nasabah, dan tidak bertanggung jawab kepada pihak ketiga manapun, untuk sejumlah kerugian. Namun demikian, PT Universal Broker Indonesia tidak akan bertanggungjawab kepada nasabah atas setiap kerugian dari transaksi, kerugian karena turunnya reputasi, hilangnya kesempatan, dan hilangnya keuntungan dalam bentuk apapun sebagaiakibat langsung atau tidak langsung.
SARAN PENGAMAN DI EMAIL DAN ANCAMAN LAIN
Mengingat Email memegang peranan penting sebagai alat komunikasi, hal ini dianggap penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari penipuan di dunia maya
1. Alamat email yang tidak benar, logo atau desain grafis yang dapat menyesatkan anda dalam menerima setiap email atau laman yang sah.
2. Setiap nama domain palsu yang terlihat seolah olah laman PT Universal Broker Indonesia atau laman dari lembaga keuangan lainnya.
3. Setiap hyperlink ke setiap laman yang palsu
4. Setiap tambahan bentuk di setiap email atau
5. Teknik atau metode lainnya yang ditujukan untuk menyesatkan atau mengelabui anda dalam menyediakan data pribadi anda, seperti user name Internet Trading atau kata sandi atau informasi-informasi lain yang bersifat sensitive atau mengandung virus.
6. Jangan pernah memberitahukan kata sandi anda ke orang lain. PT Universal Broker Indonesia tidak pernah meminta informasi kata sandi anda dengan alasan apapun.
7. Hati-hati dengan Phising. Phising adalah istilah yang diciptakan oleh hackers yang meniru email sah dari perusahaan untuk menarik orang-orang untuk memberitahukan kata sandi atau nomor kartu kredit. Sebelum memasukan user name dan kata sandi, anda harus selalu memastikan bahwa laman yang anda kunjungi adalah PT Universal Broker Indonesia. Hal ini dapat diverifikasi dengan URL yang terpampang di browser anda dan juga nama dari PT Universal Broker Indonesia dalam bentuk digital certificate. Langkah pencegahan ini berguna untuk memastikan bahwa anda tidak memberitahukan user name atau kata sandi ke laman lain selain dari PT Universal Broker Indonesia.
8. Anda diminta untuk menghapus junk email, chain mail atau email lain yang tidak diminta. jangan membuka lampiran email dari pihak yang tidak dikenal.
9. Apabila anda menemukan atau mempercayai bahwa ada penipuan email, laman palsu atau penipuan lainnya ditujukan kepada anda atau nasabah lain dari PT Universal Broker Indonesia, segera beritahukan hal tersebut ke (021) 2506658 atau email ke cs@universalbroker.co.id
SARAN KEAMANAN PADA SPYWARE AND ADWARE
PT Universal Broker Indonesia menangani keamanan elektronik dengan sangat penting dan menerbitkan saran keamanan ini untuk waspada pada Spyware dan Adware sehingga anda menjadi lebih terinformasi dengan baik untuk melindungi diri dan transaksi anda ketika menggunakan internet.
Berita-berita terbaru mengenai Spyware melaporkan bahwa beberapa perusahaan menjanjikan layanan akses internet lebih cepat jika pengguna menghubungkan komunikasi lamannya melalui perusahaan ini dan/atau memasang program khusus ke computer mereka. Dengan melakukan hal ini, perusahaan-perusahaan dapat memonitor kebiasaan anda dalam menggunakan laman. Beberapa perusahaan ini bahkan dapat melihat data komunikasi anda termasuk informasi yang mempunyai sandi yang berisi informasi rahasia seperti ID pengguna, kata sandi, informasi rekening yang dimasukan dalam laman yang aman
Di PT Universal Broker Indonesia, kami bertekad untuk menyediakan sistem pengamanan tingkat tinggi terhadap nasabah kami. Karenanya, kami sangat menyarankan anda untuk tidak melakukan akses sistem Online Trading PT Universal Broker Indonesia ( EZYDEAL) melalui perangkat lunak computer yang diragukan keamanannya yang ada pada computer anda, yang mungkin berbahaya.
APAKAH SPYWARE
Spyware adalah perangkat lunak yang mengumpulkan informasi dari pengguna ketika sedang menggunakan internet dan menyampaikan informasi tersebut kepada pihak ketiga. Adware adalah bentuk dari Spyware yang digunakan oleh pelaku pasar untuk mencari kebiasaan pencarian dan kebutuhan dari pengguna internet dengan tujuan untuk mendapatkan kebiasaan materi iklan di masa datang. Informasi yang dikumpulkan ini kemudian digunakan untuk mendapatkan kebiasaan pengiklanan yang digunakan ke pengguna, atau dapat dijual ke pihak ketiga untuk tujuan yang sama.
Spyware and Adware, tidak hanya memperlambat kinerja sistem computer. Spyware dan Adware juga akan mengambil kebutuhan memori dan system yang dapat mengakibatkan sistem tidak berjalan dan tidak stabil.
Program-program tersebut mempunyai kemampuan untuk memonitor keystrokes, memindai file yang ada di hard drive, mengubah hompe page standar di browser and, dan meneruskan informasi mengenai laman yang anda kunjungi ke pihak yang tidak berwenang/pihak ketiga yang mempunyai reputasi jelek yang dapat memanipulasi informasi.
Karenanya, program Spyware and Adware dianggap sebagai bentuk yang potential dari identitas pencuri dimana mereka mempunyai kemampuan untuk masuk ke sistem elektronik anda dengan mendapatkan akses ke kata sandi, PIN, detil kartu kredit dan informasi transaksi lainnya.
BAGAIMANA ANDA DAPAT MELINDUNGI DIRI ANDA
Beberapa produk telah tersedia yang dapat membantu anda untuk mendeteksi, memonitor dan menghilangkan Spyware dari computer anda. Saat ini banyak computer yang sudah dilengkapi dengan perangkat lunak pengaman standar yang dapat mendeteksi dan menghilangkan Spyware.
Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, anda dapat melindungi rekening anda yang ada di PT Universal Broker Indonesia serta informasi pribadi anda dari program yang tidak baik:
1. Waspada terhadap banners, ads dan pop-ups ketika menjelajahi internet. Jangan meng-klik banners, ads dan pop-ups bagaimanapun bentukbentuk tersebut itu menarik anda.
2. Hindari mengunduh program dan lampiran email dari sumber yang tidak diketahui. Pengunduhan dapat mengandung program tersembunyi yang dapat membahayakan komputer anda. Juga, jangan pernah mengunduh atau membuka lampiran email dari pengirim yang tidak dikenal.
3. Jaga sistem operasi computer anda dan web broser. Jika computer anda berumur lebih dari lima tahun, sistem operasinya (cth. Windows 98, OS 7dst) mungkin tidak memiliki tingkat pengamanan yang sama dengan sistem terbaru. Manufaktur sistem seperti Microsoft dan Apple menyediakan pengkinian secara berkala untuk membantu sistem anda menjadi lebih aman. Anda dapat melakukan pengecekan di laman mereka: htpp://www.microsoft.com/security or http://www.apple.com/support/security/
4. Pasang dan perbaharui computer anda dengan perangkat lunak anti virus versi terbaru. Perangkat Lunak pengaman virus secara komersial tersedia untuk membantu mengurangi risiko dari virus yang dapat merusak sistem pengaman anda. Program ini memberikan perlindungan terhadap ancaman virus terkinimenyediakan program pengkinian secara terus menerus.
5. Pasang program Spyware terkini yang dapatsecara periodik memindai komputer anda, mengkarantina dan menghapus setiap Spyware/Adware di computer anda. Telaah syarat-syarat dan ketentuan ketika anda memasang program gratis atau mendapatkan program dari Internet.
6. Kelola kata sandi yang direkomendasikan.
7. Kata sandi PT Universal Broker Indonesia Online Trading ( Ezydeal ) harus disimpan secara rahasia setiap waktu dan tidak boleh diinformasikan ke pihak manapun.
8. Ubah kata sandi PT Universal Broker Indonesia Online Trading ( Ezydeal ) anda secara berkala.
9. Kata sandi tidak disarankan dibuat berdasarkan user-id, nomor telephone, tanggal lahir atau informasi pribadi lainnya.
10. Kata sandi wajib disimpan dan tidak boleh dicatat dimanapun.
11. Kata sandi yang sama tidak boleh digunakan di laman, aplikasi atau layanan yang berbeda, khususnya apabila laman, aplikasi atau layanan tersebut disediakan oleh perusahaan yang berbeda.