Mutual Funds

Reksa Dana
Adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat (pemodal) untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi dan bagi investor ini merupakan cara yang paling sederhana untuk menyebar resiko (diversify) portofolio

Setiap investor dapat membeli unit reksadana pada harga yang telah ditetapkan dan uang tsb. akan di-pool bersama uang investor lainnya. Setiap investor memiliki hak secara proporsional pada reksadana berdasarkan jumlah unit penyertaan yang ia miliki. Semua aturan dan kebijakan investasi dapat diperoleh investor sebelum mereka membeli sebuah reksadana.

Dana yang dikumpulkan dari investor disimpan oleh pihak ketiga yang independen yaitu bank kustodian. Begitu juga dengan saham, obligasi dan instrumen lainnya yang dibeli oleh manajer investasi disimpan pada bank kustodian.

Semua keputusan investasi diambil oleh manajer investasi yang professional , ahli pada bidangnya dengan mengacu pada aturan dan kebijakan investasi yang telah ditetapkan pada prospektus.

Tentunya Aktivitas manajer investasi juga dipantau oleh BAPEPAM (Badan Pengelola Pasar Modal) secara berkala. Dan manajer investasi akan mendapat surat teguran dari BAPEPAM apabila melakukan tindakan yang menyimpang dari yang telah ditetapkan di prospektus.

Top
  • Follows us our servcies