Options

Opsi merupakan suatu jenis instrumen derivatif yang memberi hak kepada pemegangnya untuk membeli (call option) atau menjual (put option) suatu aset pada harga yang telah ditentukan dan pada atau hingga tanggal yang telah ditentukan. Aset yang diperjualbelikan bisa berbentuk saham, obligasi, komoditi ataupun futures.

Opsi sebagai salah satu instrumen di dunia pasar modal ditujukan untuk meminimalisasi resiko dan sekaligus memaksimalkan keuntungan dengan daya ungkit (leverage) yang lebih besar (Limited Loss with Unlimited Profit).

Dengan karakteristiknya, berinvestasi maupun trading di Opsi agak berbeda dengan berinvestasi di saham (stock) konvensional yang dikenal pada umumnya. Karakteristik pada Opsi inilah yang membuatnya semakin popular dan dijadikan investasi di portofolio oleh para institusi-institusi, misalnya : perusahaan asuransi, Bank, serta para hedge fund manager & professional money manager kelas dunia. Yang mana saat ini Opsi begitu fenomenal dengan pertumbuhannya yang luar biasa.

Anda bisa melihat lebih jelas karakteristik Opsi ini pada keterangan selanjutnya, baik itu Sejarah Opsi, Tipe Opsi, Fungsi Opsi dan juga Ilustrasi beserta contohnya.

Top
  • Follows us our servcies